Kamis, 26 April 2018

Resep Sate Lilit Ikan Tenggiri

Resep Sate Lilit Ikan Tenggiri -
  • 47 Suka
  • 2 Recook
  • 22/04/2017, . Resep ke-5 olahan kelapa yang diikutsertakan dalam kontes cookpad #mogaadayangnyangkut . Makan lauk ini pertama kali karena diajak makan Pak Bos saya yang orang Bali....rasanya menurut saya enaknya topπŸ‘ biasanya lidah ndeso saya perlu penyesuaian untuk bilang makanan bar Resep Kebab u itu enak....kalau sate lilit langsung cucok saya...😍 . Hari ini, tetiba saya inget Pak Ngurah Gede dan Pak Made...Pak Bos saya yang ngenalin Sate Lilit....Tribute untuk beliau-beliau saya bikin sate lilit, sumber resep dari buku koleksi resep saya ""Lauk Praktis dari Ikan"" tapi saya modifikasi sesuai bahan yang ada di dapurπŸ˜† . Hasil dari reracik bumbu...yup...rasa lumayan mendekati...lebih suedep lagi kalau dibakarnya di atas bara...kalau saya di atas teflon berhubung arang saya lagi keabisan. . Happy cooking and happy tummy everyone 😍😍😍



    Teh Yanithea



    Bahan-bahan 4 porsi
    1. 350 gr ikan tenggiri
    2. 150 gr kelapa parut kasar
    3. 2 sdm santan kental
    4. Bumbu yang dihaluskan
    5. 4 siung bawang putih
    6. 5 siung bawang merah
    7. 3 buah cabe merah keriting
    8. 2 buah kemiri sangrai
    9. 1 sdt ketumbar
    10. 1/2 sdt merica
    11. 1 cm kunyit dibakar
    12. 1/2 sdt terasi bakar
    13. 3/4 sdt garam
    14. 1 sdt gula pasir
    15. 3 lembar daun jeruk purut, buang tulangnnya, iris halus
    16. 1 sdm asam jawa, seduh dengan 2 sdm air, saring
    17. 10 batang serai
    18. 1 butir putih telur
    19. 1 jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis ikan



    Langkah
    1. Ganti Siapkan bumbu-bumbu yang akan digunakan
    2. Bersihkan ikan dan lumuri dengan jeruk nipis dan garam, diamkan 10 menit...cuci...kemudian cincang halus daging ikan tenggiri.
    3. Ganti Haluskan kemiri, merica, ketumbar, bawang putih, bawang merah, cabe merah, kunyit.
    4. Ganti Campur daging ikan tenggiri dengan kelapa parut
    5. Ganti Masukan semua bahan-bahan lain ke dalam adonan ikan dan kelapa parut
    6. Ganti Campur rata, test rasa dengan merebus sedikit adonan πŸ˜‹
    7. Ganti Ambil batang serai yang sudah dibersihkan...ambil sekepal adonan, lilitkan di batang serai.
    8. Ganti Panggang sate lilit di atas teflon sambil dibolak balik sampai matang.
    9. Ganti Nom...nom...nom...siap disajikan...😍
    10. Ganti Dimamam anget-anget sama nasi anget & sambel dabu-dabu....lebih pas lagi sama sambel matah sambel yang pakai irisan serai.. Tapi berhubung serainya sudah kehabisan buat sate lilit... yo wis bikin sambel dabu-dabu aja....yo sueger poll.
    Tambah langkah


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar